Selasa, 19 Juli 2016

Kiat Taqwa (1) "Simak dengan baik Hal-Hal yang patut disimak"

Zam Katik Sulaiman 11 April 2013 ·

Kiat Taqwa (1) "Simak dengan baik Hal-Hal yang patut disimak" : "Menyimak dengan baik adalah memperhatikan apa yang kau dengarkan dengan tidak menyibukkan hati dan anggota tubuh dengan sesuatu yang bisa melalaikan, serta memfokuskan diri pada segala upaya untuk memahami apa yang kau dengarkan, seperti mengarahkan pandangan kepada orang yang berbicara atau menelaah buku, tentang apa yang patut disimak.

Allah SWT menjamin bahwa orang yang menyimak dengan baik akan mendapat faedah dan manfaat dari apa yang disimaknya". (Al-Harits bin Asad al-Muhasibi) Beranjak dari nasehat ulama sufi diatas, kita jadi teringat dengan potensi besar khotbah jumat yang wajib diikuti kaum muslimin khususnya "kaum adam atau laki laki yang memenuhi syarat" pada setiap Jumat, seandainya kajian/khotbah setiap jumat benar-benar kita simak dengan baik maka bisa dipastikan hasilnya akan sangat luar biasa bagi perkembangan iman kita.

Kenapa tidak, karena disetiap khotbah jumat ada beberapa rukun yang wajib disampaikan oleh khatib jumat, diantaranya adalah "Berwasiat untuk Taqwa" , Khotib akan mengajak atau berwasiat untuk dirinya sendiri dan para jama'ah untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT, menjauhi segala larangan-Nya dan menjalankan segala perintah-Nya.

Jika diumpamakan setiap materi jumat dihitung satu SKS mata kuliah seperti perkuliahan dikampus, berati orang yang sudah berusia 30 tahunan maka potensi Materi takwa yang sudah ia simak bisa diatas ribuan SKS mata kuliah, berarti ia sudah berhak menyandang gelar kesarjanaan atau mungkin sudah master.

jika semua muslimin sudah sarjana ahli, spesialis dan master maka niscaya derajat ketaqwaan ummat ini akan semakin tinggi, dan kehidupan Pribadi dan lingkungannya pun akan sangat berubah drastis insya Allah . Namun apa yang telah terjadi, jarang diantara kita yang hadir pada saat sholat jumat dengan khusuk menyimak isi khotbah jumat.


Dari sekian yang hadir tidak sedikit tidur saat khotbah jumat berlangsung. Kenapa bisa tertidur, apa karena isi khotbah menjemukan atau membosankan? apa karena waktu jumat adalah waktu rawan ngantuk? atau karena kebanyakan kita sangat capek atau tidak dalam kondisi prima? Sering para ustadz telah menyampaikan tips tips/Sunnah sunnah agar tidak ngantuk saat jumatan, namun kita seolah meremahkan sunnah tersebut.

Akibatnya konsentrasi kita untuk menyimak khotbah jumat sering terkalahkan oleh mata kita, sehingga apa-apa yang sampaikan Khatib Jumat kita balas dengan dengkuran yang mendalu-dalu. Padahal Rasulullah sudah mengingatkan kita untuk mengamalkan sunnah jumat, yang diantaranya; mandi Sunnah Jumat, berpakaian yang bersih dan rapi, memakai wangi-wangian, datang lebih awal dan lain sebagainya. Satu hal yang terpenting adalah menyimak dengan sungguh-sungguh apa yang disampaikan Khotib, karena Khutbah Jumat adalah bagian dari ibadah Jumat.

Semoga dengan kita mengamalkan sunnah jumat dan mampu menyimak dengan sunguh-sungguh setiap Khotbah Jumat maka semakin sempurna ibadah jumat kita, dan semakin bertambah ilmu kita, dan dengan demikian insya-Allah bertambah derjat amal dan taqwa kita.. Aamiin

Tidak ada komentar: